A. PENDAHULUAN
Latar
Belakang
Setiap
pimpinan perusahaan baik itu perusahaan pemerintah atau swasta selalu
menggunakan informasi untuk melaksanakan tugas-tugasnya,sehingga subyek dari
manejemn informasi bukanlah suatu hal yang baru. Kegunaan informasi juga
relative sama dari waktu ke waktu yaitu sebagai alat untuk mendukung
pengambilan keputusan bagi seorang manajer.Daya dukung informasi terhadap pengambilan keputusan
sangat berarti,
sehingga cara-cara pengelolaan informasi mulai
diperhatikan oleh manusia
sejalan dengan perkembangan peradabannya.Subyek informasi bukanlah suatu hal
yang baru, namun cara-cara mengelola
informasi agar ada kemudahan dalam
memperoleh informasi yang akurat dan mutakhir inilah
yang selalu mengalami
perkembangan
sesuai dengan perkembangan ilmu dan teknologi.
Lembaga atau organisasi menjadi semakin sadar bahwa informasi
adalah suatu
sumber daya yang penting dan sangat strategis, dan
komputer dapat mengelola
sumber daya tersebut. Perkembangan program-program
komputer yang sengaja dirancang untuk
memudahkan
manajemen dalam mengelola informasi sangat pesat.
Ada beberapa
jenis aplikasi program computer untuk
mendukung kinerja suatu perusahaan bisnis, seperti aplikasi yang
berkaitan dengan penanganan
transaksi akuntansi, aplikasi yang berkaitan dengan
bidang manajemen sumber
daya manusia, aplikasi yang berkaitan dengan bidang
pengambilan keputusan,
aplikasi yang berkaitan dengan bidang informasi
manajemen.Seluruh
aplikasi program komputer atau lebih dikenal dengan software di bidang bisnis tersebut
lebih dikenal dengan istilah sitem informasi
berbasis
komputer (computer-based information system), atau CBIS.
B.
PEMBAHASAN/ISI
Computer Based
Information System (CBIS) merupakan sistem pengolahan suatu
data menjadi sebuah informasi yang berkualitas dan dapat dipergunakan sebagai
alat bantu yang mendukung pengambilan keputusan, koordinasi dan kendali serta
visualisasi dan analisis.
Beberapa istilah yang
terkait dengan CBIS antara lain adalah:
a) Data merupakan kenyataan yang menggambarkan
suatu kejadian dan merupakan kesatuan nyata yang nantinya akan digunakan
sebagai bahan dasar suatu informasi.
b) Informasi merupakan hasil dari pengolahan data menjadi
bentuk yang lebih berguna bagi yang menerimanya yang menggambarkan suatu
kejadian-kejadian nyata dan dapat digunakan sebagai alat bantu untuk
pengambilan suatu keputusan.
c) Sistem merupakan entitas, baik abstrak maupun
nyata, dimana terdiri dari beberapa komponen yang saling terkait satu sama
lain.
d) Sistem Informasi merupakan sistem pembangkit informasi yang mampu menyediakan informasi yang berkualitas, tepat, cepat dan
akurat sesuai dengan manajemen yang membutuhkannya.
e) Sistem Informasi “berbasis komputer” mengandung arti bahwa
komputer memainkan peranan penting dalam sebuah sistem informasi.
Untuk menghadapi
Era Globalisasi dan tingginya tingkat kompetisi, manajemen persahaan khususnya
CBIS perlu memperbaiki kualitas produk dan jasanya agar perusahaan dapat
mencapai keunggulan yang kompetitif.
Ada beberapa strategi yang dapat dilakukan setiap
perusahaan untuk dapat bersaing di Era Globalisasi dan mencapai keunggulan yang
kompetitif yaitu:
1.
Penguasaan teknologi
untuk menghasilkan produk barang maupun jasa.
Untuk mendapatkan produk atau jasa yang berkualitas tentunya didukung
dengan penguasaan teknologi yang ahli.Adanya kelemahan di sektor produksi
merupakan factor penghambat bagi perusahaan untuk bisa bersaing dan mendapatkan
produk dan jasa yang berkualitas.Maka dari itu penguasaan teknologi sangatlah
penting dikuasai oleh setiap manajemen perusahaan.
2.
Peningkatan
kualitas sumber daya manusia.
Salah satu kunci memenangkan persaingan dalam dunia bisnis,jika ingin
mendapatkan keunggulan kompetitif harus didukung dengan sumber daya manusia
yang berkualitas.
Kursus, pelatihan dan sedikit refreshing mungkin
dipandang sebagai sesuatu hal yang kurang penting oleh
sebagian orang di level manajemen. Namun sebenarnya hal itu merupakan sarana
yang tepat untuk melakukan
pencerahan kembali tentang hal-hal yang telah dilakukan
selama ini yang tentunya akan memberikan
motivasi untuk peningkatan kerja di masa mendatang.
3. Marketplace yang tepat.
Strategi pemasaran yang tepat
sangat mempengaruhi kemajuan suatu perusahaan.Dimana teknologi dan internet
merupakan salah satu strategi jitu yang patut dicoba oleh manajemen perusahaan.Karena Pemasaran produk barang
dan jasa melalui internet yang kian merebak nampaknya memberikan pengaruh yang cukup besar bagi para
eksekutif perusahaan.
4.
Terbentuknya
sistem informasi yang akurat untuk membantu setiap pengambilan keputusan.
Di tengah lajunya
kemajuan industri yang berbasis teknologi telekomunikasi dan
informatika,informasi yang cepat dan akurat semakin menjadi kebutuhan pokok
para decission maker. Informasi
merupakan
kebutuhan dasar yang diperlukan oleh setiap manajemen untuk melakukan pengambilan keputusan. Sedangkan suatu sistem
informasi bertujuan untuk memasok segala kebutuhan informasi bagi mereka yang membutuhkannya.
Sistem informasi yang tepat akan membantu kebijakan level manajerial dalam hal
program-program dan rencana-rencana operasional serta sasaran yang akan dicapai oleh organisasi atau
perusahaan.
C. KESIMPULAN
Kemajuan suatu
perusahaan dapat dilihat dari kemajuan dibidang ilmu pengetahuan dan
teknologi,termasuk didalamnya kemajuan dibidang teknologi informasi.
Suatu perusahaan selalu
membutuhkan informasi yang terkini dan memiliki akurasi yang cukup tinggi untuk mendukung
pengambilan kebijakan-kebijakannya,apabila ingin meraih keunggulan kompetitif.
Informasi menjadi sangat penting
bagi
siapapun yang ingin menguasai keunggulan. Informasi adalah salah satudari lima
jenis utama sumber daya yang dapat dipakai oleh manajer. Semua sumber daya termasuk informasi
dapat dikelola. Pengelolaan informasi semakin penting
seiring dengan rumitnya kegiatan bisnis yang setiap saat membutuhkan informasi yang akurat dan demi
pelayanan yang memuskan pada para
pelanggan. Pengelolaan informasi juga lebih
menantang sejalan dengan perkembangan
kemampuan komputer saat ini.
Strategi yang dapat dilakukan setiap perusahaan untuk
dapat bersaing di Era Globalisasi dan mencapai keunggulan yang kompetitif
yaitu:
1.
Penguasaan teknologi untuk menghasilkan produk barang
maupun jasa.
2. Peningkatan kualitas
sumber daya manusia.
3. Marketplace yang tepat.
4. Terbentuknya sistem
informasi yang akurat untuk membantu setiap pengambilan keputusan
D. REFERENSI
http://akmaldarmawansyarief.blogspot.com/2009/11/cbis-computer-based-information-system.html
http://www.scribd.com/doc/26808806/S-I-M
Tidak ada komentar:
Posting Komentar