FAKULTAS EKONOMI BISNIS

FAKULTAS EKONOMI BISNIS
UNIVERSITAS GUNADARMA

Senin, 22 Oktober 2012

BAGAIMANA CBIS MEMPERBAIKI KUALITAS PRODUK DAN JASA AGAR PERUSAHAAN DAPAT MENCAPAI KEUNGGULAN KOMPETITIF


A.    PENDAHULUAN 
Latar Belakang
Setiap pimpinan perusahaan baik itu perusahaan pemerintah atau swasta selalu menggunakan informasi untuk melaksanakan tugas-tugasnya,sehingga subyek dari manejemn informasi bukanlah suatu hal yang baru. Kegunaan informasi juga relative sama dari waktu ke waktu yaitu sebagai alat untuk mendukung pengambilan keputusan bagi seorang  manajer.Daya dukung informasi terhadap pengambilan keputusan sangat berarti,
sehingga cara-cara pengelolaan informasi mulai diperhatikan oleh manusia
sejalan dengan perkembangan peradabannya.Subyek informasi bukanlah suatu hal yang baru, namun cara-cara mengelola informasi agar ada kemudahan dalam
memperoleh informasi yang akurat dan mutakhir inilah yang selalu mengalami
perkembangan sesuai dengan perkembangan ilmu dan teknologi.
Lembaga atau organisasi menjadi semakin sadar bahwa informasi adalah suatu
sumber daya yang penting dan sangat strategis, dan komputer dapat mengelola
sumber daya tersebut. Perkembangan program-program komputer yang sengaja dirancang untuk memudahkan manajemen dalam mengelola informasi sangat pesat.
Ada beberapa jenis aplikasi  program computer untuk mendukung kinerja suatu perusahaan bisnis, seperti aplikasi yang berkaitan dengan penanganan
transaksi akuntansi, aplikasi yang berkaitan dengan bidang manajemen sumber
daya manusia, aplikasi yang berkaitan dengan bidang pengambilan keputusan,
aplikasi yang berkaitan dengan bidang informasi manajemen.Seluruh aplikasi program komputer atau lebih dikenal dengan software di bidang bisnis tersebut lebih dikenal dengan istilah sitem informasi berbasis komputer (computer-based information system), atau CBIS.

B.     PEMBAHASAN/ISI

Computer Based Information System (CBIS) merupakan sistem pengolahan suatu data menjadi sebuah informasi yang berkualitas dan dapat dipergunakan sebagai alat bantu yang mendukung pengambilan keputusan, koordinasi dan kendali serta visualisasi dan analisis.
Beberapa istilah yang terkait dengan CBIS antara lain adalah:
a)      Data merupakan kenyataan yang menggambarkan suatu kejadian dan merupakan kesatuan nyata yang nantinya akan digunakan sebagai bahan dasar suatu informasi.
b)      Informasi merupakan hasil dari pengolahan data menjadi bentuk yang lebih berguna bagi yang menerimanya yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian nyata dan dapat digunakan sebagai alat bantu untuk pengambilan suatu keputusan.
c)      Sistem merupakan entitas, baik abstrak maupun nyata, dimana terdiri dari beberapa komponen yang saling terkait satu sama lain.
d)     Sistem Informasi merupakan sistem pembangkit informasi yang mampu menyediakan informasi yang berkualitas, tepat, cepat dan akurat sesuai dengan manajemen yang membutuhkannya.
e)      Sistem Informasi “berbasis komputer” mengandung arti bahwa komputer memainkan peranan penting dalam sebuah sistem informasi.

Untuk menghadapi Era Globalisasi dan tingginya tingkat kompetisi, manajemen persahaan khususnya CBIS perlu memperbaiki kualitas produk dan jasanya agar perusahaan dapat mencapai keunggulan yang kompetitif.
Ada beberapa strategi yang dapat dilakukan setiap perusahaan untuk dapat bersaing di Era Globalisasi dan mencapai keunggulan yang kompetitif yaitu:
1.      Penguasaan teknologi untuk menghasilkan produk barang maupun jasa.
Untuk mendapatkan produk atau jasa yang berkualitas tentunya didukung dengan penguasaan teknologi yang ahli.Adanya kelemahan di sektor produksi merupakan factor penghambat bagi perusahaan untuk bisa bersaing dan mendapatkan produk dan jasa yang berkualitas.Maka dari itu penguasaan teknologi sangatlah penting dikuasai oleh setiap manajemen perusahaan.
2.      Peningkatan kualitas sumber daya manusia.
Salah satu kunci memenangkan persaingan dalam dunia bisnis,jika ingin mendapatkan keunggulan kompetitif harus didukung dengan sumber daya manusia yang berkualitas.
Kursus, pelatihan dan sedikit refreshing mungkin dipandang sebagai sesuatu hal yang kurang penting oleh sebagian orang di level manajemen. Namun sebenarnya hal itu merupakan sarana yang tepat untuk melakukan pencerahan kembali tentang hal-hal yang telah dilakukan selama ini yang tentunya akan memberikan motivasi untuk peningkatan kerja di masa mendatang.
3.      Marketplace yang tepat.
Strategi pemasaran yang tepat sangat mempengaruhi kemajuan suatu perusahaan.Dimana teknologi dan internet merupakan salah satu strategi jitu yang patut dicoba oleh manajemen perusahaan.Karena Pemasaran produk barang dan jasa melalui internet yang kian merebak nampaknya memberikan pengaruh yang cukup besar bagi para eksekutif perusahaan.
4.      Terbentuknya sistem informasi yang akurat untuk membantu setiap pengambilan keputusan.
Di tengah lajunya kemajuan industri yang berbasis teknologi telekomunikasi dan informatika,informasi yang cepat dan akurat semakin menjadi kebutuhan pokok para decission maker. Informasi merupakan kebutuhan dasar yang diperlukan oleh setiap manajemen untuk melakukan pengambilan keputusan. Sedangkan suatu sistem informasi bertujuan untuk memasok segala kebutuhan informasi bagi mereka yang membutuhkannya. Sistem informasi yang tepat akan membantu kebijakan level manajerial dalam hal program-program dan rencana-rencana operasional serta sasaran yang akan dicapai oleh organisasi atau perusahaan.

C.    KESIMPULAN

Kemajuan suatu perusahaan dapat dilihat dari kemajuan dibidang ilmu pengetahuan dan teknologi,termasuk didalamnya kemajuan dibidang teknologi informasi. Suatu perusahaan selalu membutuhkan informasi yang terkini dan memiliki akurasi yang cukup tinggi untuk mendukung pengambilan kebijakan-kebijakannya,apabila ingin meraih keunggulan kompetitif. Informasi menjadi sangat penting bagi siapapun yang ingin menguasai keunggulan. Informasi adalah salah satudari lima jenis utama sumber daya yang dapat dipakai oleh manajer. Semua sumber daya termasuk informasi dapat dikelola. Pengelolaan informasi semakin penting seiring dengan rumitnya kegiatan bisnis yang setiap saat membutuhkan informasi yang akurat dan demi pelayanan yang memuskan pada para
pelanggan. Pengelolaan informasi juga lebih menantang sejalan dengan perkembangan kemampuan komputer saat ini.
Strategi yang dapat dilakukan setiap perusahaan untuk dapat bersaing di Era Globalisasi dan mencapai keunggulan yang kompetitif yaitu:
1.      Penguasaan teknologi untuk menghasilkan produk barang maupun jasa.
2.      Peningkatan kualitas sumber daya manusia.
3.      Marketplace yang tepat.
4.      Terbentuknya sistem informasi yang akurat untuk membantu setiap pengambilan keputusan

D.    REFERENSI

http://akmaldarmawansyarief.blogspot.com/2009/11/cbis-computer-based-information-system.html
http://www.scribd.com/doc/26808806/S-I-M

Tidak ada komentar:

Posting Komentar