FAKULTAS EKONOMI BISNIS

FAKULTAS EKONOMI BISNIS
UNIVERSITAS GUNADARMA

Minggu, 25 November 2012

KHASIAT JAHE UNTUK KESEHATAN



Jahe (Zingiber officinale), adalah tanaman rimpang yang sangat populer sebagai rempah-rempah dan bahan obat. Rimpangnya berbentuk jemari yang menggembung di ruas-ruas tengah. Rasa dominan pedas disebabkan senyawa keton bernama zingeron.
Jahe termasuk suku Zingiberaceae (temu-temuan). Nama ilmiah jahe diberikan oleh William Roxburgh dari kata Yunani zingiberi, dari Bahasa Sanskerta, singaberi.
Jahe hanya bisa bertahan hidup di daerah tropis, penanamannya hanya bisa dilakukan di daerah katulistiwa seperi Asia Tenggara, Brasil, dan Afrika. Saat ini Equador dan Brasil menjadi pemasok jahe terbesar di dunia. Jahe segar Selain dipasarkan dalam bentuk olahan jahe, juga dipasarkan dalam bentuk jahe segar, yaitu setelah panen, jahe dibersihkan dan dijual kepasaran.
Terdapat beberapa hasil pengolahan jahe yang terdapat di pasaran, yaitu:
  • Jahe kering
  • Awetan jahe
  • Jahe bubuk
  • Minyak jahe
  • Oleoresin jahe
Di Indonesia, sekoteng, bandrek, dan wedang jahe merupakan minuman yang digemari karena mampu memberikan rasa hangat di malam hari, terutama di daerah pegunungan. Selain itu jahe ternyata memiliki  manfaat yang banyak bagi kesehatan. Khasiat jahe mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit.
Berdasarkan penelitian para ahli kesehatan,telah ditemukan beberapa manfaat jahe bagi kesehatan diantaranya:
·         Sebagai obat jerawat
Salah satu penelitian yang dilakukan di Universitas Maryland Medical Center,untuk membantu menecegah timbulnya jerawat dianjurkan untuk mengkonsumsi jahe maksimal 4 gram per hari.
·         Menurunkan berat badan
Jahe berfungsi melebarkan pembuluh darah membakar kalori menjadi panas tubuh. Seduhan wedang jahe sangat baik bagi kesehatan dan metabolisme tubuh.
·         Menurunkan tekanan darah tinggi
Jahe memiliki kemampuan melebarkan pembuluh darah dan merangsang pelepasan hormon adrenalin. Oleh karena itulah darah akan mengalir lebih cepat dan menurunkan tekanan darah tinggi anda.
·         Membersihkan kotoran didalam tubuh
Mengkonsumsi jahe dengan cara diseduh biasanya akan keluar keringat. Melalui keringat inilah dikeluarkannya berbagai toksin atau kotoran jahat yang ada didalam tubuh.
·         Mencegah penggumpalan darah
Didalam jahe terkandung senyawa yang bernama gingerol. Gingerol ini merupakan salah satu senyawa yang mampu mencegah penggumpalan  darah karena akan berubah menjadi antikoagulan.
·         Mencegah perut buncit
Dengan mengkonsumsi jahe sebelum makan mampu mencegah terjadinya perut buncit. Hal ini dikarenakan Jahe sendiri mengandung metabolism dan memperlancar pencernaan. Dengan adanya peningkatan metabolism tersebut,akan mempercepat pembakaran kalori dan meratakan perut buncit.
·         Membuat tubuh menjadi perkasa
Kandungan senyawa yang terdapat pada jahe memiliki sifat inklamasi yang sangat efektif membangun otot. Berdasarkan penelitian,mengkonsumsi jahe secara teratur membantu mengurangi rasa sakit pada otot yang disebabkan karena latihan fisik.
Namun jika mengkonsumsi jahe dengan dosis tinggi mampu menyebabkan efek samping seperti iritasi,mules dan diare. Maka dari itu sebaiknya mengkonsumsi jahe sesuai takaran kebutuhan tubuh kita. Selamat mencoba…..!!!!!
Referensi:
http://ngenee.blogspot.com/2012/04/1001-manfaat-jahe-untuk-kesehatan.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Jahe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar