FAKULTAS EKONOMI BISNIS

FAKULTAS EKONOMI BISNIS
UNIVERSITAS GUNADARMA

Senin, 26 November 2012

MANFAAT SUSU KEDELAI



Kacang kedelai adalah salah satu tanaman polong-polongan yang menjadi bahan dasar banyak makanan dari Asia Timur seperti kecap, tahu, dan tempe. Kedelai merupakan sumber utama protein nabati dan minyak nabati dunia. Penghasil kedelai utama dunia adalah Amerika Serikat meskipun kedelai praktis baru dibudidayakan masyarakat di luar Asia setelah 1910.
Di Indonesia, kedelai menjadi sumber gizi protein nabati utama, meskipun Indonesia harus mengimpor sebagian besar kebutuhan kedelai. Ini terjadi karena kebutuhan Indonesia yang tinggi akan kedelai putih. Kedelai putih bukan asli tanaman tropis sehingga hasilnya selalu lebih rendah daripada di Jepang dan Cina. Pemuliaan serta domestikasi belum berhasil sepenuhnya mengubah sifat fotosensitif kedelai putih. Di sisi lain, kedelai hitam yang tidak fotosensitif kurang mendapat perhatian dalam pemuliaan meskipun dari segi adaptasi lebih cocok bagi Indonesia.
Kedelai merupakan tumbuhan serbaguna. Karena akarnya memiliki bintil pengikat nitrogen bebas, kedelai merupakan tanaman dengan kadar protein tinggi sehingga tanamannya digunakan sebagai pupuk hijau dan pakan ternak.
Pemanfaatan utama kedelai adalah dari biji. Biji kedelai kaya protein dan lemak serta beberapa bahan gizi penting lain, misalnya vitamin (asam fitat) dan lesitin. Olahan biji dapat dibuat menjadi
  • tahu (tofu),
  • bermacam-macam saus penyedap (salah satunya kecap, yang aslinya dibuat dari kedelai hitam),
  • temp
  • susu kedelai (baik bagi orang yang sensitif laktosa),
  • tepung kedelai,
  • minyak (dari sini dapat dibuat sabun, plastik, kosmetik, resin, tinta, krayon, pelarut, dan biodiesel.
  • taosi
  • tauco
  • makanan ringan
Selain itu produk olahan kedelai lainnya yaitu susu kedelai yang didapat dari sari pati kedelai. Manfaat susu kedelai sangat banyak sekali,terutama bagi kesehatan. Susu kedelai yang dibuat dengan cara merendam,menggiling dan merebus kacang kedelai sehingga terbentuklah sari kedelai yang sangat bergizi. Kedelai memiliki kandungan asam lemak esensial,serat dan protein yang cukup tinggi. Minuman sehat yang satu ini mampu menjaga fungsi tubuh agar bisa bekerja secara optimal. Berikut adalah manfaat susu kedelai bagi kesehatan tubuh manusia:
·         Mencegah kolesterol
Tidak seperti susu yang lain,senyawa dalam susu kedelai memiliki kemampuan untuk meningkatkan profil lipid didalam darah manusia. Adanya asam lemak tak jenuh dalam kedelai dapat menghambat kolesterol didalam darah. Jika mengkonsumsi susu kedelai secara rutin dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi dan juga mencegah penyakit jantung koroner.
·         Mencegah kanker prostat
Didalam susu kedelai terdapat hormon fitoestrogen,hormon  yang berasal dari tanaman ini dapat menghambat produksi testosteron khususnya pada pria. Dengan menurunnya kadar testosteron,maka secara signifikan dapat mengurangi resiko penyakit kanker prostat.
·         Mencegah osteoporosis
Osteoporosis merupakan penyakit yang biasanya menyerang para manula. Hormon fitoestrogen dalam kedelai dapat membantu mempercepat penyerapan kalsium oleh tubuh dan mencegah hilangnya massa tulang sehingga membuat tulang manusia kuat kini dan nanti.
Selain itu manfaat susu kedelai untuk diet:
·         Menurunkan berat badan
Dibanding dengan susu lain,susu kedelai yang masih alami memiliki kandungan gula yang cukup rendah. Jika dihitung secara matematis,susu sapi memiliki sekitar 12 gram gula tiap cangkirnya sedangkan  susu kedelai hanya 7 gram saja. Selain itu,adanya kandungan asam lemak tak jenuh susu kedelai dapat menghambat penyerapan lemak di usus,sehingga sangat efektif menurunkan berat badan.
Manfaat susu kedelai didapatkan dari senyawa serta kandungan dari nutrisi nabati yang berasal dari tumbuhan. Begitu banyaknya manfaat yang terkandung didalam susu kedelai tersebut. Bagi yang belum pernah atau tidak suka minum susu kedelai semoga artikel ini dapat mengubah pikiran. Semoga bermanfaat….!!!!

Sumber Referensi:
http://ngenee.blogspot.com/2012/06/4-manfaat-susu-kedelai-bagi-kesehatan.html

http://id.wikipedia.org/wiki/Kedelai

Tidak ada komentar:

Posting Komentar