FAKULTAS EKONOMI BISNIS

FAKULTAS EKONOMI BISNIS
UNIVERSITAS GUNADARMA

Senin, 19 Desember 2011

BASIS DATA


Basis data (database) terdiri dari dua penggalan kata yaitu data dan base, yang artinya berbasiskan pada data, tetapi secara konseptual, database diartikan kumpulan data-data yang saling berhubungan (relation), yang disusun menurut aturan tertentu secara logis, sehingga menghasilkan informasi. Pengertian lain dari basis data  adalah  koleksi  terpadu  dari  data  yang  saling  berkaitan  yang  dirancang  untuk memenuhi  kebutuhan  informasi  suatu  enterprise (dunia  usaha). Selain itu, perangkat lunak  yang digunakan untuk mengelola dan memanggil query basis data agar bisa disajikan dalam berbagai bentuk yang diinginkan disebut Sistem Manajemen Basis Data atau juga disebut Database Management System (DBMS). Penggabungan Database Management System (DBMS) dengan Basis Data akan membentuk satu kesatuan yang disebut Sistem Basis Data.
Jadi Sistem Basis Data adalah suatu sistem penyusunan dan pengelolaan record-record dengan menggunakan komputer, dengan tujuan untuk menyimpan atau merekam serta memelihara data operasional lengkap sebuah organisasi/perusahaan sehingga mampu menyediakan informasi yang diperlukan pemakai untuk kepentingan proses pengambilan keputusan.
Tujuan dibentuknya basis data pada suatu perusahaan pada dasarnya adalah:
1.      Untuk kemudahan dan kecepatan dalam pengambilan kembali data  atau memindahkan dan mempercepat proses pencarian.
2.      Memahami masalah-masalah operasional yang ada dalam pendekatan file datar terhadap manajemen data,yang melahirkan konsep basis data.
3.      Memahami relasi di antara elemen-elemen yang membentuk lingkungan basis data.
4.       Mengetahui tahap-tahap dalam desain basis data, termasuk identifikasi konseptual, pemodelan data, kontruksi basis data fisik, dan penyiapan pandangan pengguna.
5.      Mengetahui fitur-fitur operasional dari basis data terdistribusi dan mengenal isu-isu yang perlu diperhatikan dalam memutuskan konfigurasi basis data tertentu.
Prinsip Basis data pada dasarnya adalah untuk pengaturan data.Supaya data yang disusun menurut aturan tertentu dapat menghasilkan informasi yang sangat berguna untuk kepentingan dunia usaha.
Kelebihan pada Basis Data:
1.      Mengurangi kerangkapan data atau redudansi data
2.      Efisiensi storage atau penyimpanan
3.      Data nya lebih akurat
4.      Keamanan data lebih terjamin

Sedangkan Kelemahan pada Basis Data yaitu jika satu data rusak maka semua bagian tidak bisa berjalan.
Pada Basis Data juga terdapat Sistem Tradisional,dimana pada system Tradisional ini mempunyai kelemahan yaitu:
·         Data nya tidak akurat
·         Redudansi data/kerangkapan data
·         Program Oriented
·         Keamanan data tidak terjamin
Sedangkan Kelebihannya yaitu:Jika satu data rusak,bagian lainnya tetap berjalan.
Komponen Dasar Basis Data
Dalam membuat basis data harus memiliki komponen dasar. Agar terciptanya basis data maka hal yang diperhatikan adalah tersedianya:
·    Data: representasi fakta dunia nyata yang mewakili suatu objek yang direkam dalam bentuk angka, huruf, symbol, teks, gambar, bunyi atau kombinasinya.
·    Hardware: terdiri dari semua peralatan perangkat keras komputer yang digunakan untuk mengelola sistem basis data berupa: peralatan penyimpanan (disk, drum, tape), peralatan input dan output, atau peralatan komunikasi.
Perangkat  keras  yang  biasanya  terdapat  dalam  sistem  basis  data  adalah sebagai berikut:
1.       Komputer  (satu  untuk  yang  stand-alone atau  lebih  dari  satu  untuk  sistem jaringan).
2.       Memori sekunder yang on-line (harddisk).
3.        Memori sekunder yang off-line (tape) untuk keperluan backup data
4.        Media / perangkat komunikasi (untuk sistem jaringan).
Selain perangkat lunak di atas, terdapat juga perangkat lunak pemrograman basis data aras rendah (low level), diantaranya:Btrieve,Tsunami Record Manager.
·         Program Aplikasi tambahan
·         System Operasi merupakan  program yang mengaktifkan  / memfungsikan  sistem komputer, mengendalikan seluruh  sumber  daya  dalam  komputer  dan  melakukan operasi  – operasi  dasar  dalam komputer  (operasi  input/output),  pengelolaan  file,  dan  lain sebagainya. Program  pengelola  basis  data  (DBMS)  akan  aktif  (running)  jika  sistem operasi yang dikehendakinya (sesuai) telah aktif. Contoh dari  sistem operasi pada sistem komputer adalah MS-DOS, MS Windows (3.11,95,98 dan lainnya) untuk yang stand alone dan MS Windows (2000 Server, UNIX, LINUX,  Novel_Netware dan lain sebagainya) utuk yang jaringan.
·         User (Pemakai).Ada beberapa jenis / tipe pemakai pada sistem basis data, berdasarkan cara mereka berinteraksi pada basis data, diantaranya adalah:
1).     Programmer Aplikasi adalah pemakai yang berinteraksi dengan basis data melalui  DML (data  manipulation  language),  yang disertakan dalam program yang ditulis dalam bahasa pemrograman   induk   (seperti   pascal,   cobol,   clipper, foxpro, dan lainnya).
2). User Mahir (casual user)adalah pemakai yang berinteraksi dengan sistem tanpa menulis   modul   program.   Mereka   menyatakan   query (untuk akses data), dengan bahasa query yang telah disediakan oleh suatu DBMS.
3). User Umum (End User)adalah pemakai yang berinteraksi  dengan sistem basis data         melalui    pemanggilan  satu  program aplikasi permanen, yang telah ditulis / disediakan sebelumnya.
4).     User Khusus (Specialized User)adalah  pemakai  yang  menulis  aplikasi  basis  data  non konvensional  untuk keperluan   khusus,   seperti   untuk aplikasi AI, Sistem Pakar, Pengolahan Citra, dan lainnyal, yang  bisa  saja  mengakses  basis  data  dengan  / tanpa DBMS.

Untuk sebuah sistem basis data yang stand-alone,  maka pada suatu saat hanya ada satu pemakai, sedangkan  untuk jaringan pada suatu saat ada banyak pemakai  yang dapat berhubungan  (menggunakan)  basis data yang sama. Pilihan untuk  stand-alone atau  jaringan  (multiuser)  tergantung   pada (ditentukan  oleh) kebutuhan pemakai, perangkat keras yang tersedia, sistem operasi yang digunakan, serta DBMS yang dipilih.

Sumber Referensi :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar