FAKULTAS EKONOMI BISNIS

FAKULTAS EKONOMI BISNIS
UNIVERSITAS GUNADARMA

Selasa, 20 Desember 2011

Mengatasi Sakit Maag


Maag atau radang lambung atau tukak lambung adalah gejala penyakit yang menyerang lambung dikarenakan terjadi luka atau peradangan pada lambung yang menyebabkan sakit, mulas, dan perih pada perut. Dalam istilah kedokteran, penyakit maag disebut gastritis atau peradangan lambung. Untuk gejala yang lebih ringan sering disebut dengan dyspepsia. Terjadinya gastritis atau peradangan lambung, pada awalnya karena asam lambung yang berlebihan. Asam lambung yang semula membantu lambung malah merugikan lambung. Asam lambung akan merusak dinding lambung itu sendiri, karena sifat asam yang korosif (mengikis).
Faktor yang memicu produksi asam lambung berlebihan, diantaranya beberapa zat kimia, seperti alcohol, umumnya obat penahan nyeri, asam cuka. Makanan yang pedas serta bumbu yang merangsang, semisal jahe, merica, juga akan memicu produksi asam lambung. Penyebab lainnya yaitu karena penderita makannya tidak teratur,pola tidur yang tidak teratur dan stress. Maag juga bisa terjadi apabila si penderita telat makan, kemudian sewaktu makan si penderita maag makan dengan porsi yang terlalu banyak. Masyarakat banyak yang menganggap sakit maag ini hanyalah masalah sepele,padahal jika sudah kronis penyakit ini dapat berbahaya juga untuk kesehatan dan dapat menyebabkan kematian.
Faktor psikis atau kejiwaan seseorang bisa pula meningkatkan produksi asam lambung. Selain itu penyakit maag juga bisa disebabkan insfeksi bakteri tertentu, misalnya helicobacter pylori yang merupakan bakteri normal dalam lambung, yang dalam kondisi tertentu bisa menjadi abnormal. Yang akhirnya merangsang asam lambung. Gastritis juga bisa disebabkan alergi terhadap makanan tertentu, misalnya ikan, coklat dan lain-lain.
Ada beberapa tahap dalam penyakit maag, yaitu:
• Maag ringan (Maag ringan masih tergolong tahap ringan dimana biasanya setiap orang sudah berada di tahap ini, jika dilakukan pemeriksaan akan terlihat asam lambung berlebih di bagian dinding).
• Maag sedang (Maag pada tahap ini sudah menyebabkan nyeri, sakit dan mual yang menyakitkan).
• Maag kronis (Maag kronis adalah maag yang sudah parah intensitasnya di bandingkan maag biasa).
• Kanker lambung (Kanker lambung terjadi akibat mikroorganisme yang merugikan, yaitu Helycobacter pylori).
Gejala yang dirasakan si penderita biasanya: Sakit saat buang air besar, Mual dan muntah, Sering merasa lapar, Perut kembung, Nyeri yang luar biasa.
Sakit Maag bisa disembuhkan tetapi tidak bisa sembuh total, maag adalah penyakit yang dapat kambuh apabila si penderita tidak makan teratur, terlalu banyak makan, atau sebab lain.Untuk meredakan atau menyembuhkannya penderita harus meminum obat jika diperlukan. Tetapi maag dapat di cegah, yaitu dengan cara makan teratur, makan secukupnya, cuci tangan sebelum makan dan jangan jajan sembarangan.
Selain itu penderita maag ini disarankan untuk menghindari konsumsi beberapa jenis minuman dan makanan yang kurang baik,yaitu tidak boleh minum kopi (karena dapat meningkatkan asam lambung), makan makanan yang sangat asam atau pedas (makanan yang merangsang perut).
Sumber Referensi
Sumber : Majalah Assunnah Edisi 06/tahun X/1427H/2006M, hal 13-14.
http://id.wikipedia.org/wiki/Maag
http://safuan.wordpress.com/2007/10/10/solusi-penyakit-maag-tanpa-mengobati/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar