FAKULTAS EKONOMI BISNIS

FAKULTAS EKONOMI BISNIS
UNIVERSITAS GUNADARMA

Senin, 19 Desember 2011

KHASIAT DAUN KEMANGI


Kemangi adalah hibrida antarspesies antara dua spesies selasih, Ocimum basilicum dan O. americanum. Ia dikenal juga sebagai O. basilicum var. anisatum Benth. Aroma khasnya berasal dari kandungan sitral yang tinggi pada daun dan bunganya. Selain bermanfaat sebagai lalapan dan bumbu masakan,ternyata daun kemangi berkhasiat untuk kesehatan karena mengandung zat minyak atsiri, protein, kalsium, fosfor, besi, belerang,dll.Salah satunya adalah dapat mengatasi masalah bau mulut ataupun bau badan,yaitu dengan mengonsumsi lalap kemangi segar.Namun jika kurang suka dengan rasanya, bisa dengan membuat air perasan daun kemangi yang dicampur dengan daun kunyit dan daun beluntas lalu meminumnya secara rutin setiap hari.
John Henry M. dalam bukunya berjudul ”A Dictionary of Practical Material Medical” mengatakan bahwa khasiat daun kemangi dapat menyembuhkan penyakit diare, gangguan pada vagina, nyeri payudara, hingga mengatasi batu ginjal dan albuminaria. Sedangkan berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Center for New Crops and Plant Products, Purdue University, AS, membuktikan bahwa daun kemangi terbukti berkhasiat ampuh mengatasi keluhan flu,sakit kepala, cacingan, sembelit, perut kembung, maag, badan lesu, masuk angin,mengatasi kejang.Aroma dari daun kemangi juga dapat digunakan sebagai obat nyamuk. Bahkan, bagi yang memiliki keluhan ejakulasi, daun kemangi mengandung zat Eugenol dan Apigenin fenkhona yang dapat membantu membuat ereksi lebih mudah, dan zat arginin untuk mencegah kemandulan.
Daun kemangi juga sering disuling karena mengandung minyak atsiri golongan tinggi dimana aroma kemangi akan hilang dalam waktu 24 jam setelah dioleskan ke tubuh. Minyak atsiri tersebut bisa membuat tubuh lebih segar dan meringankan rasa sakit sehingga sangat baik digunakan sebagai minyak pijat aroma. Namun untuk Ibu hamil jangan mencoba menggunakan minyak ini karena dapat menyebabkan resiko keguguran.
Begitu banyak manfaat yang terkandung pada daun kemangi yang tentunya berguna untuk kesehatan,namun mengkonsumsi daun kemangi terlalu berlebihan harus dihindari karena ternyata tidak baik juga untuk kesehatan.Bagi sebagian orang yang alergi terhadap daun kemangi malah justru mengkonsumsi daun kemangi membuat badan ngilu dan sakit .Karena kemangi merupakan bagian dari keluarga selasih, kemangi juga mengandung estragol, senyawa yang diketahui karsinogen (pemicu kanker) pada mencit. Walaupun pengujian efek pada manusia belum dilakukan, penggunaan berlebihan sebaiknya dihindari.Karena yang berlebihan itu tidak baik tentunya.
Sumber Referensi:
http://id.wikipedia.org/wiki/Kemangi
http://turunberatbadan.com/2509/manfaat-daun-kemangi/

http://www.obatherbalalami.com/2011/10/daun-kemangi-untuk-kanker-dan-masalah.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar